27 September 2017 09:34 wib
  • browser

PROFIL

PRODI ILMU AL-QURAN DAN TAFSIR

FAKULTAS UHSULUDDIN DAN STUDI ISLAM

UIN SUMATERA UTARA

MEDAN

Prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir

 

A. Pendahuluan

  1. Program Studi (Prodi) Ilmu Al Quran dan Tafsir (IAT) adalah salah satu prodi di lingkungan Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam UIN Sumatera Utara. IAT adalah pergantian nama dari Tafsir Hadis (TH) Berdiri sejak tahun 1989. Kemudian berganti nama pata tahun 2012. Terakreditasi BAN PT tahun 2011.

Prodi IAT memiliki Grand Design “Qur’anic Society” yaitu memasyarakatkan Alquran dalam kehidupan. Prodi IAT ingin menjadi garda terdepat dalam mengaplikaskan nilai-nilai yang terkandung dalam Alquran dikehidupan bermasyarakat.  

  1. Visi, misi, Tujuan

Visi IAT yaitu : Unggul dan terkemuka dalam bidang Alquran dan Tafsir ayat-ayat Saintifik pada tingkat regional 2025 berbasis integrative-interkonektif dan transdisiplin.

Misi IAT yaitu :

  1. Mengembangkan pendidikan dan pengajaran di bidang Ilmu Alquran dan Tafsir ayat-ayat saintifik secara integratif-interkonektif berbasis transdisiplineritas.
  2. Memperluas dan memperkaya kajian-kajian Ilmu Alquran dan Tafsir ayat-ayat saintifik melalui penelitian multi disipliner dan transdisipliner secara berkesinambungan, berwawasan kearifan lokal, keindonesiaan, dan kemodernan.
  3. Menyebarluaskan hasil-hasil kajian Ilmu Alquran dan Tafsir ayat-ayat saintifik dalam membangun peradaban Islam dan kebudayaan Islam serta memberikan konstribusi dalam menyelesaikan persoalan bangsa dan memperkaya kebudayaan nasional dengan menjalin kerjasama yang produktif dan inovatif dengan berbagai pihak dalam rangka pelaksanaan tridarma Perguruan Tinggi (PT), terutama dalam bidang Ilmu Alquran dan Tafsir.

B. Tujuan yaitu :

  1. Terwujudnya sarjana Ilmu Alquran dan Tafsir yang profesional dan memiliki kompetensi di bidang Ilmu Alquran dan Tafsir ayat-ayat saintifik secara integratif-interkonektif berbasis transdisipliner.
  2. Terwujudnya sistem pendidikan dan pembelajaran dalam kajian Ilmu Alquran dan Tafsir ayat-ayat saintifik.
  3. Menghasilkan tenaga peneliti yang unggul terdepan dan profesional dalam bidang Ilmu Alquran dan Tafsir ayat-ayat saintifik.
  4. Menghasilkan teori-teori, hasil-hasil karya ilmiah penelitian dalam bidang Ilmu Alquran dan Tafsir ayat-ayat saintifik.
  5. Tersusunnya kajian-kajian hasil penelitian dalam bidang Ilmu Alquran dan Tafsir ayat-ayat saintifik.
  6. Menghasilkan karya-karya ilmiah dalam bidang Ilmu Alquran dan Tafsir ayat-ayat saintifik.
  7. Tersosialisasinya hasil-hasil kajian dalam bidang Ilmu Alquran dan Tafsir ayat-ayat saintifik.

C. Dosen Prodi Ilmu Alquran Dan Tafsir

 

  •  

Nama

Bidang Keilomuan

1

Prof. Dr. H. Muzakkir, M.Ag

Ilmu Tasawuf

2

Drs. H. Musaddad Lubis, M.Ag

Ilmu Tasawuf

3

H. Sugeng Wanto, S.Ag.,M.Ag

Metodologi Studi Islam

4

Dr. H. Harun Al Rasyid, MA

Bahasa Arab

5

H. Ahmad Perdana Indra, M.Ag

Ushul Fiqh

6

Siti Ismahani, M.Hum

Bahasa Inggris

7

Muhammad Hidayat, MA

Fiqh

8

Dr. H. Muhammad Roihan, MA

Ulumul Quran

9

Dr. H. Safria Andi, MA

Tafsir

10

Salahuddin Ashani, MA

Filologi

D. Kualifikasi yang Dibutuhkan

Untuk bisa diterima masuk dalam program S1 Program Studi Ilmu Alquran dan Tafsir, setiap calon harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Memiliki Ijazah SMA/MA Sederajat.
  2. Berakhlakul Karimah.
  3. Memiliki Jiwa Kepemimpinan.
  4. Lulus dalam seleksi masuk yang diselenggarakan oleh panitia penerimaan mahasiswa baru yang dibentuk oleh Fakultas Ushuluddin dan studi Islam UIN-SU Medan.
  5. Hafal Alquran minimal 2 Juz
  6. Bahasa Arab
  7. Bahasa Inggris
  8. Tes Potensi Akademis (TPA).

E. Jumlah Mahasiswa Prodi IAT

Tahun Akademik

Jumlah Mahasiswa

Jumlah Lulusan

2017

366

22 Orang

2016

266

33 Orang

2015

282

42 Orang

2014

295

42 Orang

2103

248

41 Orang

F. Dukungan Kerja sama

            Prodi Ilmu Alquran dan Tafsir pada FUSI UIN-SU Medan diharapkanakan berjalan dengan sebaik-baiknya dan mendapat dukungan dari berbagai pihak terkait. Sejauh ini FUSI UIN SU Medan telah menjamin kerja sama yang baik dengan berbagai lembaga,dan kerja sama tersebut terbukti sangat membantu pengelolaan Program. Di antara kerja sama yang selama ini sudah berlangsung, dan di harapkan akan kontributif terhadap operasional Prodi Ilmu Alquran dan Tafasir adalah sebagai berikut:

  1. Kerjasama dengan pemerintah Provinsi Sumatera Utara, pemerintah Kota Medan, Pemkab Deli Serdang, Pemkab Serdang Bedagai. Sejauh ini FUSI UIN Sumatera Utara Medan telah mendapat dukungan yang baik dari pihak pemerintah dalam bentuk dukungan dana dan penyediaan prasarana yang mendukung kelancaran kegiatan Program.
  2. Kerjasama dengan Majelis Ulama Indonesia Provinsi Sumatera Utara. Pihak MUI Sumatera Utara berperan aktif sejak awal proses pendirian Prodi Ilmu Alquran dan Tafsir. Kerja sama yang paling signifikan dengan lembaga ini adalah tersedianya akses khusus ke Perpustakaan MUI-SU yang memiliki koleksi sangat baik untuk kajian ke Islaman.
  3. Kerjasama dengan lembaga-lembaga yang concern terhadap pembinaan dan pengembangan Alquran seperi LPTQ, IPQAH, BAPQAH SIKA, WASIQAH, Pusat Kampung Qur’ani, dll. Prodi IAT bekerjasama dengan Pemerintah Desa Bandar Setia dalam mewujudkan Kampung Qur’ani dan Generasi Islam. 
  4. Kerja sama dengan perguruan Tinggi Negeri  dalam hal pengadaan tenaga dosen dan bimbingan akademis lainnya.
  5. Kerja sama dengan Perguruan Tinggi Luar Negeri.

G. Peluang Beasiswa

  1. Sosialisasi dan seleksi pengusulan calon penerima beasiswa kepada mahasiswa program studi Ilmu Al-Quran dan Tafsir dari berbagai lembaga pemberi beasiswa, seperti: Yayasan Supersemar, DIPA UIN Sumatera Utara, Bank Indonesia, BRI, Pemerintah Kab Labura, Kab Batubara, PDAM Tirtanadi Sumatera Utara, BAZDASU, Beasiswa Tahfidz Kementerian Agama RI, Bidik Misi.
  2. Beasiswa PEMKAB/PEMKO